Recent Videos

Selasa, 18 Januari 2011

Anda Sibuk? Jangan Lupa Sarapan!

Anda Sibuk? Jangan Lupa Sarapan!
Gizi.net - Dengan alasan sibuk, orang mengabaikan sarapan. Terlebih mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, jangan salah, meninggalkan sarapan justru bisa membuat gemuk.

Rasanya semua orang tahu bahwa sarapan (makan pagi) penting sekali bagi tubuh. Sayangnya, banyak orang meninggalkan makan pagi dengan alasan bermacam-macam.

Alasan yang paling sering dikemukakan adalah tidak sempat, karena terburu-buru. Kelompok lain yang paling sering mengabaikan sarapan biasanya adalah mereka yang ingin diet supaya berat badan bisa cepat turun.

Sebetulnya mereka ini merupakan kelompok yang berisiko mengalami sakit. Penyakit yang paling sering mereka alami adalah maag, hypoglikemia (kadar gula darah turun), yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas, keringat dingin, tidak bisa konsentrasi dan berpikir dengan baik, bahkan sampai pingsan. Semuanya ini gara-gara meninggalkan makan pagi.

Bikin Gemuk
Bila ingin menurunkan berat badan, justru pada waktu pagi hari kita mendapat kebebasan untuk makan. Hal ini terjadi karena dengan sarapan yang baik kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Artinya, apa yang kita makan akan langsung dipakai untuk energi, tidak sempat ditimbun dalam bentuk lemak.

Makanan yang disantap pada malam hari cenderung untuk disimpan sebagai lemak. Sebab, sehabis makan biasanya kita langsung tidur.
Selain itu, apabila kita tidak makan, tubuh akan menyesuaikan diri dengan menurunkan laju metabolisme. Akibatnya, makan berlebih sedikit saja sudah langsung disimpan jadi lemak. Karena itu. para pelaku diet sebaiknya tidak meninggalkan sarapan.

Kebiasaan makan pagi sangat penting artinya bagi tubuh karena lambung yang kosong semalaman (8-10 jam) harus sudah terisi kembali. Dengan demikian, kadar gula darah yang tadinya turun akan meningkat kembali.
Semua itu ada hubungannya dengan kerja otak. Glukosa di pagi hari sangat penting untuk kerja otak, terutama dalam hal konsentrasi, sehingga tubuh menjadi lebih produktif.

Beberapa penelitian menunjukkan, sarapan akan meningkatkan produktivitas kerja. Karena itu, sempatkanlah waktu untuk sarapan, apalagi jika Anda termasuk orang yang sibuk.

Makan Lengkap
Saat sarapan sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan lengkap, yakni yang mengandung semua unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi yang seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Zaman dulu, sarapan merupakan saat-saat yang penting. Namun, lama-lama orang mencari yang serba praktis. Orang cenderung memilih yang praktis dan dapat disantap di perjalanan atau beberapa menit sebelum berangkat kerja atau sekolah.

Jadikan sarapan kembali sebagai peristiwa penting dalam kehidupan Anda. Jumlah kalori untuk makan pagi sebaiknya 25 persen dari total kalori per hari. Untuk yang kebutuhan kalorinya sekitar 1.800, kebutuhan sarapan pagi berkisar 400-500 kalori. @ Dr. Titi Sekarindah, MS., Ahli Gizi RS Pertamina Pusat, Jakarta.

Sumber:
Kompas, Kamis, 21 November 2002
http://www.kompas.com/kesehatan/news/senior/gizi/0211/21/gizi.htm



Contoh Sarapan

Susu
Susu sangat praktis untuk dijadikan sarapan. Pilihlah susu yang padat gizi dan kalori, contohnya Ensure, Enercal Plus, Anlene, dan lain-lainnya. Susu ini mengandung zat gizi dan kalori cukup lengkap. Namun, karena kalori susu tidak mencapai 25 persen dari total kalori per hari, susu dapat dikombinasikan dengan makanan lainnya seperti biskuit, sandwich, roti, havermouth, dan sebagainya.

Biskuit
Untuk mereka yang tidak suka susu, biskuit dapat digunakan sebagai alternatif. Pilihlah biskuit yang padat gizi dan kalori dapat dilihat pada tabel komposisi zat gizi. Untuk memenuhi 25 persen dari total kalori, biskuit dapat dikombinasikan dengan telur rebus dan jus buah.

Sereal atau oat
Sekarang ini sudah banyak sereal siap saji yang cukup diseduh dengan air panas. Minuman sereal dan oat umumnya mengandung zat gizi yang cukup lengkap. Sereal dapat pula dikombinasikan dengan roti, biskuit, sandwich.

Buah-buahan
Buah-buahan sangat penting bagi tubuh kita. Selain sebagai sumber vitamin dan mineral, buah juga sumber serat. Buah-buahan ini dapat dimakan biasa atau dibuat jus sebagai pelengkap sarapan pagi. Selain itu, buah sangat praktis untuk dimakan saat di perjalanan atau ketika tiba di tempat kerja.

Jajan pasar
Pilih yang kandungan gizinya cukup seperti: lemper, arem-arem, ketan, lontong, dan lain-lain. Meski demikian, makanan ini masih perlu dikombinasikan dengan susu atau minuman sereal.

Roti
Sebagai hidangan sarapan pagi, roti dapat disajikan dalam bentuk sandwich atau roti isi selai ataupun keju. Nilai kalorinya cukup padat dan bisa dikombinasikan dengan jus buah.

Telur
Telur sangat baik sebagai sumber protein di pagi hari. Selain itu, penyajiannya lebih praktis, hanya dengan direbus atau di-ceplok untuk sandwich. Telur mengandung zat gizi lengkap, antara lain cholin yang baik untuk sel-sel saraf. Telur juga mengandung vitamin E, A, B6, asam Folat, B12, dan kolesterol. Kadar kolesterol pada kuning telur yang selama ini ditakuti, dari penelitian terbukti tidak begitu meningkatkan kadar LDL kolesterol bila dikonsumsi sekali sehari.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More