Recent Videos

Rabu, 19 Januari 2011

12 Olahraga dan Aktivitas serta Kalori yang Dibakar


Setiap orang ingin membakar kalori sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Tentunya akan sangat membantu jika kita tahu olahraga dan aktivitas mana yang akan membakar banyak kalori. Berikut adalah 12 aktivitas dan perkiraan jumlah kalori yang dibakar. Sebelum melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, konsultasikan dulu dengan dokter. Dan ingatlah untuk senantiasa melakukan pemanasan dan peregangan yang cukup.

Berlari
Berlari akan membakar sekitar 450 kalori setiap 30 menit (untuk 8 menit tiap mil), juga memberikan hasil kerja kardiorespiratori yang fantastis. Ketahanan dan kekuatan kaki akan menjadi maksimal, walaupun sedikit tambahan manfaat untuk tubuh bagian atas. Lakukan pemanasan yang baik, pakailah sepatu yang cocok serta jagalah langkah untuk mencegah cedera.
Memanjat Tebing
Memanjat tebing memerlukan ledakan energi yang cepat untuk berpindah dari satu batu ke batu yang lain. Memanjat tebing tidak berbuat banyak terhadap hasil kerja jantung, namun kekuatan, ketahanan dan fleksibilitas akan bertambah besar. Kalori yang terbakar sekitar 371 kalori setiap 30 menit.
Berenang
Berenang memberikan hasil kerja keseluruhan tubuh yang sangat baik dan membakar sampai 360 kalori dalam 30 menit tergantung gaya apa yang dipakai. Namun, kebanyakan orang sulit mempertahankan form dengan baik untuk waktu selama itu. Hasil kerja terbaik dalam berenang berdasarkan pada latihan yang teratur.
Bersepeda
Bersepeda adalah kegiatan non-weight-bearing yang sangat baik (berat kita tidak ditopang oleh tubuh), dan tergantung pada kecepatan. Kalori yang terbakar sekitar 300 - 400 kalori setiap 30 menit. Bersepeda menghasilkan hasil kerja kardio yang besar dan membentuk paha dan betis. Namun, bersepeda tidak memberikan hasil kerja yang banyak untuk tubuh bagian atas.
Bertinju
Bertinju akan mengurangi 324 kalori setiap 30 menit. Selain itu, kebugaran kardiorespiratori dan ketahanan otot akan bertambah. Pastikan kita dalam keadaan fit, jika tidak semua akan berakhir sebelum kita mulai berkeringat.
Racquetball
Racquetball membakar sekitar 300 kalori tiap 30 menit dan memberikan hasil kerja kardiorespiratori yang fantastis, membentuk kekuatan dan ketahanan tubuh bagian bawah, dan dengan melakukan gerakan twisting dan pivoting dalam racquetball, akan membangun fleksibilitas yang bagus pada punggung dan perut. Lakukanlah pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera engkel.
Bola Basket
Memainkan bola basket secara nonstop akan mengurangi sekitar 288 kalori per 30 menit, dan membentuk fleksibilitas, ketahanan dan kesehatan kardiorespiratori. Lakukanlah pemanasan dengan baik karena berputar dan berlari bolak-balik di dalam permainan ini bisa berbahaya bagi yang tidak memperisapkan diri sebelumnya.
Rowing
Rowing atau mendayung membakar sekitar 280 kalori per 30 menit dan juga cara yang efektif bagi kita untuk mengeluarkan energi ekstra. Rowing membentuk ketahanan, kekuatan dan otot bahu, paha dan bisap. Kunci dalam melakukan rowing adalah teknik mengkoordinasikan kaki, punggung dan lengan untuk bekerja sekaligus. Untuk kayak dan kanoe, masing-masing membakar sekitar 170 kalori per 30 menit.
Tenis
Tenis adalah game yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan, kekuatan dan reaksi. Tenis memerlukan sekitar 250-300 kalori per 30 menit, memberikan kesempatan yang besar untuk membakar kalori berlebih dan membentuk kebugaran kardiorespiratori. Pakailah sepatu yang cocok untuk mencegah cedera engkel.
Ski
Sewaktu kita berada di luar saat bersalju sebenarnya relah membakar metabolisme di dalam tubuh kita. Saat kita melakukan ski, maka akan membakar sekitar 270 kalori per 30 menit. Permukaan salju yang bervariasi akan memberikan hasil latihan yang bagus pula.
Ice Skating
Ice skating memberikan semua keuntungan dari berlari tanpa mengalami tegangan pada sendi. Selama 30 menit, ice skating memerlukan sekitar 252 kalori. Skating memberikan hasil kerja yang sangat bagus untuk paha, betis, otot lutut dan pantat serta mengencangkan perut. Dengan mengembangkan kedua tangan kita, akan membantu keseimbangan dan juga membuat otot-otot deltoid, bisep dan trisep bekerja.
Menari swing
Ya, kita bisa menari untuk memperoleh kebugaran. Menari swing membakar sekitar 180 kalori dalam 30 menit dan memberikan hasli kerja aerobic yang cukup intensif. Selain itu, juga mengembangkan fleksibilitas, kekuatan dan ketahanan tubuh.

Sebagai catatan, jumlah kalori yang disebutkan di atas adalah untuk orang yang berberat badan 150 pound (sekitar 68 kg). Jika berat badan makin tinggi, kalori yang terbakar juga lebih banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More