Recent Videos

Selasa, 26 Mei 2009

25 Tahun Slank

Slank, gw ingat pertama kali sekitar tahun 90 an denger mereka dan langsung jatuh hati pada album Suit..Suit..He..He.

Waktu itu gw lagi getolnya ngeband dan gw inget kalo Slank termasuk dari sedikit band lokal yang lagu-lagunya diterima anak band seperti gw buat dibawain ngejam ato festipal. Selebihnya, yang populer itu bawain lagu Pearl Jam, Nirvana, RHCP, GN'R, OASIS dan band luar lainnya.


Sapa tuh Slank ? gaya dan lagu-lagu mereka mencuri perhatian.

Slank sangat membumi. Punya warna beda yang mebawa angin perubahan. Liriknya yang jelas, lugas dan to the point sangat beda dengan band lokal lainnya waktu itu. Tingkah laku dan style mereka bener-bener 'preman nongkrong simpang jalan', dan itu menyentuh banget, bro !.

Poster mereka terpajang didinding kamar banyak remaja disandingin ama poster Bob Marley. Untuk yang ini, gw gak ngerti knapa poster Slank slalu disandingin ama Bob Marley (?). Yang jelas, Kaka, Bimbim, Pay, Indra dan Bongki telah menginspirasi banyak anak muda.

Sekarang gw gak muda lagi, udah 32 tahun dan Slank masih eksis, ‘That Something….bro ’. Kaka dan Bimbim punya energy luarbiasa untuk mempertahankan eksistensi Slank. Gw jadi teringat sejarah Slank.

Sejarah Slank itu seinget gw begini,

Slank berdiri Desember 1983. dengan nama awal Cikini Stone Complex, dengan beranggotakan, Bimo Setiawan (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bas), Uti (vokal), Wel Welly (vokal). Mereka sering bawain lagu dari Rolling Stone. Beberapa personil akhirnya keluar. Trus, Bimbim, panggilan Bimo Setiawan membentuk band lagi dan merubah nama menjadi Red Evil. dengan formasi Bim2(drum), Bongky (gitar), Kiki (gitar), Denny (bas), Erwan (vokal). Band ini mulai berani memainkan lagu2 sendiri.

Pergantian personil jadi kebiasaan band ini sampe akhirnya dapet formasi Bim2(Drum), Kaka(Vokal), Bongky(Bas), Indra(Keyboard), Pay(Gitar) yang dikenal kemudian dengan nama Slank. Nama yang terinspirasi karena diatas panggung mereka slalu tampil seadanya ato sebutannya slenge’an. Mereka nelorin album KAMPUNGAN,PISS,GENERASI BIRU, MINORITAS.

Formasi Slank itu akhirnya pecah lalu, Pay, Indra dan Bongki keluar. Slank tetap ngeluarin album yaitu LAGI SEDIH meski Slank itu cuma ada Bimbim dan kaka dibantu additional player Ivan (bass) dan Reynold (gitar).

Akhirnya, Slank punya formasi seperti yang kita kenal sekarang Kaka (vokal), Bim2 (drum), Ivanka(bass), Ridho (gitar), Abdee (gitar), konon ini adalah formasi ke 14 sejak cikal bakal Slank.

Kehadiran Ivanka, Ridho dan Abdee pada formasi ini dikalangan pecinta Slank waktu itu dianggap perusak. Karya mereka juga udah gak seperti di awal. Banyak lagu yang terdengar sama, beda dengan lagu-lagu awal Slank yang powerfull.

Tapi, seiring perjalanan waktu, Slank tetap berkarya dan membuktikan eksistensi mereka dalam seni terlepas apakah pecinta Slank awal mau meng amini seluruh hasil karya mereka ato beralih menjadi penikmat saja. Slank tetap saja mampu menyedot banyak fans ,yang dikenal masyarakat dengan nama Slanker. Banyak anak muda generasi sekarang menyukai dan mencintai Slank formasi saat ini.

Whatever lah…, gimanapun Slank udah jadi legenda musik Indonesia. Selamat Ultah yang ke 25 Slank !

Susunan Album Slank.

1990 - Suit-Suit….Hehehe (Gadis Sexy)
1991 - Kampungan
1993 - Piss
1995 - Generasi Biru
1996 - Minoritas
1996 - Lagi Sedih
1997 - Tujuh
1998 - Mata Hati Reformasi
1999 - 999
2001 - Virus
2003 - Satu Satu
2003 - Bajakan!
2004 - Road to Peace
2005 - Plur
2006 - Slankisme
2007 - Slow But Sure
2007 - Original Soundtrack “Get Married”

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More